sumpah pemuda

Sumpah Pemuda
Hari sumpah pemuda sudah tiga hari berlalu. Mebahas momentum yang sebetulnya sangat bersejarah itu, bisa dikatakan cukup terlambat bilang mengangkatnya hari ini. Namun, beralasan bila melhat peringatan hari sumpah pemuda yang hanya seremonial belaka. Dalam makna sesungguhnya, banyak catatan yang memilukan.
Melihat kembali sejarah perjalanan bangsa dalam meniti kemerdekaan adalah tidak pantas bila kita mengesampingkan peranan sumpah pemuda di dalam perkembangan bangsa Indonesia.
Melihat perjalanan kekuatan sumpah pemuda yang sungguh mengaguman, memperlihatkan bahwa dengan segala ketulusan dan keikhlasan kita semua ternyata mampu bergandengan tangan bersatu padu hingga meraih kemerdekaan ini.
Sungguh ironis memang momentum-momentum bersejarah ini bila dilupakan begitu saja, kita juga sering menganggap remeh tentang nilai dan makna filosofis sumpah pemuda ini di masa kini. Bahkan banyak diantara pemuda-pemuda kita sekarang, juga lupa akan arti dan makna sumpah pemuda.
Mereka menganggap nilai sejarah zaman dulu adalah hanya mengandung filosofis di zaman dulu saja, dan tidak menempatkan bagaimana seharusnya berkembang dan digunakan pada zaman sekarang ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s