415 HEKTAR LAHAN TIDUR KOTA SERANG TIDAK TERKELOLA DENGAN BAIK

Serang – Sebanyak 415 hektar  lahan tidur diKecamatan Kasemen, Kota Serang yang terdiri dari 390 ha sawah dan 18 ha Empang, belum dikelola secara baik. Hal tersebut dikarenakan hak garapan warga masih mengacu kepada Kabupaten, disebabkan belum adanya pelimpahan aset dari kabupaten Serang ke Kota Serang.

Camat Kasemen, Iwan Darmawan mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pendataan ulang tanah garapan, baik lahan tidur ataupun lahan Negara. Dengan begitu, pihaknya dapat membuatkan Hak Garap lahan yang baru. “Pada Bulan April ini kami akan membuat hak garapan untuk semua lahan tidur yang ada diKecamatan Kasemen. Saat ini kami masih menunggu proses untuk pelimpahan Hak garapan oleh Kabupaten Serang,” Ungkapya Selasa (26/03/2013).

Iwan menegaskan, lahan tidur adalah tanah Negara yang tidak dapat diperjual belikan, maupun dipindahkan hak garapannya kepada orang lain, tanpa sepengetahuan pemerintah. “Lahan tidur biasanya digarap oleh Kepala Desa  untuk membantu mensejahterakan masyarakat dalam hal budidaya atau penanaman, demi kesejahteraan,“ katanya.

Iwan mengungkapkan, untuk garapan lahan tidur, warga yang mempunyai hak garap lahan, dapat dapat mengajukan permohonan untuk dimiliki, setelah adanya surat keterangan garapan selama 20 tahun. Dan hal itu tetap berdasarkan persetujuan pemerintah. “Pemerintah tidak dapat membuat SPPT lahan tidur atas nama Negara, melainkan atas nama penggarap itu sendiri. Selain itu, penggarap juga dapat mengajukan permohonan  ke pemerintah untuk dimiliki setelah memiliki surat garapan selama 20 tahun,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s