BURUH KS KEMBALI DATANG KE PENDOPO GUBERNUR “TAGIH JANJI”

98,1 HARMONYFM_Serang ,- Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Krakatau Steel (SBKS) secara tiba-tiba menyerbu dan menduduki kantor Gubernur Banten, Selasa (26/3/2013). Para buruh menuntut Pemerintah Provinsi Banten untuk merealisasikan janjinya yang akan memediasi antara perusahaan dengan para pekerja.

Ketua bidang  organisasi SBKS Muhari mengatakan,  para buruh belum melihat adanya langkah-langkah konkret dari Pemprov Banten untuk mempertemukan buruh dengan pihak managemen PT Krakatau Steel.

Petugas kepolisian yang datang sekitar setengah jam kemudian, langsung berjaga jaga dan menemui para buruh.

Sebelumnya, ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Krakatau Steel (SBKS) melakukan aksi aksi demo di Kantor Gubernur Banten,  menuntut pemberlakuan Upah Minimum Kota (UMK) Cilegon sebesar Rp2,2 juta  yang tidak dilaksanakan oleh manajemen PT KS.   

Tidak hanya itu,  buruh juga meminta agar PT Krakatau Steel (KS) tidak melakukan Putus Hubungan Kerja (PHK) kepada para buruh PT KS. “Kami yang berstatus buruh outsourching sebanyak 1.500 orang terancam di-PHK. Kami meminta gubernur untuk segera  bertindak guna  menghindari bertambahnya angka pengangguran,” katanya.   

Para buruh meminta Gubernur Banten  Ratu Atut Chosiyah untuk memanggil dan menegur pihak manajemen PT KS. Namun, hingga saat ini manajemen PT KS belum melaksanakan UMK yang telah ditetapkan tersebut.   

“Kami hanya menerima gaji sebesar Rp 1.925.000 per bulan. Upah sebesar itu masih mengacu pada UMK 2012 lalu. Manajemen PT KS tidak menghiraukan UMK yang telah ditetapkan Gubernur Banten dan Wali Kota Cilegon. Kami meminta Gubernur Banten jangan tinggal diam karena PT KS telah mengabaikan  keputusan gubernur,” tegas  koordinator aksi, Tryas Sundoro.

Manager Corporate Comunication PT Krakatau Steel (KS), Wisnu Kuncara mengatakan, pihaknya belum bisa memaparkan alasan perusahaan BUMN tersebut melakukan penangguhan UMK 2013. Selain itu, PT KS juga dimungkinkan akan melakukan pengurangan pekerja.  “Pekerja outsourcing PT KS kemungkinan akan diberhentikan, Dinamika itu ada,” kata Wisnu.

PT KS juga sedang memproses kontrak baru kepada beberapa perusahan penyalur tenaga kerja yang sat ini telah mengajukan penawaran. Sebab, kontrak kerja bagi 4000 pekerja outsourcing akan berakhir pada Juni 2013 ini. “Terdapat 40 perusahan penyalur tenaga kerja yang telah mengajukan penawaran, mereka akan mengikuti tender,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s