program jamsosratu sebagai salah satu program pengentasan kemiskinan

https://i0.wp.com/mediabanten.com/sites/default/files/images/jamsosratu.jpg

 

 

98,1 HARMONYFM_Serang ,-  Pemprov Banten, secara resmi meluncurkan program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu), di Hotel Ratu Bidakara, Selasa (26/03/2013). Hal tersebut merupakan wujud nyata perhatian Pemprov Banten, terhadap masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah menjelaskan, adapun penerima yang mendapatkan bantuan, adalah warga yang terdata telah melalui proses survey dari TKPKD, dan bantuan harus sesuai, serta tepat sasaran. “Saya yakin, dalam pemberian bantuan keluarga atau rumah tangga sangat miskin ini, tidak ada tumpang tindih. Hal itu Karena semuanya telah melalui proses survey yang dilakukan oleh TKPKD” ujar Atut.

 

Perlu diketahui, Jamsosratu merupakan program inovasi Gubernur Banten yang memadukan program Keluarga Harapan, dengan program Kemetrian Sosial, yakni Asuransi Kesejahteraan Sosial (Askesos), untuk meningkatkan keberdayaan sosial rumah tangga sangat miskin. selain itu, Jamsosratu  dilaksanakan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Banten No 2 Tahun 2013, tentang Petunjuk Pelaksanaan Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu di Provinsi Banten. Melihat hal tersebut, program Jamsosratu telah sah sebagai sebuah kebijakan pemerintah provinsi banten.

 

Jamsosratu merupakan skema yang melembaga di bawah supervise Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD), yang bertugas melakukan koordinasi dan pengendalian pelaksanaan penanggulangan kemiskinan di tingkat provinsi.

 

Dalam acara tersebut, dilaksanakan pula penyerahan bantuan sosial secara simbolis oleh Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiah, yakni bantuan Jaminan Sosial lanjut Usia (JSLU) sebanyak 1.100 orang, dengan nilai anggaran mencapai Rp. 1.320.000.000, bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk 500 rumah senilai Rp5 Miliyar.

 

Selain itu, diberikan pula bantuan Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Panti bagi 360 anak yang masing masing mendapat Rp1 juta atau dengan total Rp360 juta, bantuan Kelompok Usaha bersama (KUBE) untuk 11 kelompok di kab. Lebak, kab. Pandeglang dan Kab. Serang dengan jumlah total Rp220 juta, serta bantuan kepada 2 Panti Rehabilitasi berbasis masyarakat (Panti Papza dan Psikotik), yang masing – masing sebesar Rp50 juta.

Launching program JAMSOSRATU ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Sosial RI H. Toto Utomo Budi Santoso, didampingi Gubernur Banten beserta unsur Forum Komunikasi Pemerintah daerah (FKPD), dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi Banten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s