KETAN BINTUL HANYA ADA DI BANTEN

SERANG_ Sambut bulan Ramadhan puluhan pedagang makanan   

Khas banten, banyak menjajakan daganganya di sepanjang jalan ditengah kota serang, pasar lama kota serang, serta di halaman masjid  agung  banten, bergai jenis makanan khas banten seperti sate bandeng, es kuwet, dan tidak ketinggalan makanan yang menjadi ciri khas banten yaitu ketan bintul. Kamis 11/07

Ketan bintul adalah salah satu makanan yang tidak bisa lepas dari masyarakat banten saat menyambut bulan ramadhan, ketan bintul adalah makanan para raja zaman kerajaan banten dahulu

Buat warga Serang, Banten, makanan ini selalu jadi menu favorit saat berbuka puasa. Namanya ketan bintul, yaitu olahan ketan yang legit lembut dan diberi taburan serundeng gurih di atasnya. Disebut-sebut, ketan bintul ini menu kesukaan para Sultan Banten untuk berbuka puasa!
Ketan bintul merupakan makanan yang sudah kesohor di kalangan warga Serang, Banten dan sekitarnya. Nasi ketannya diolah dengan cara dikukus, kemudian dimasukkan ke dalam wadah. Saat akan disajikan, ketan dipotong persegi. Rasa ketannya legit gurih.
Tak cuma nasi ketan polos, namun ketan bintul dilengkapi juga dengan serundeng atau kelapa parut yang disangrai bersama bumbu-bumbu. Serundengnya ini menebarkan aroma yang wangi, dengan cita rasa yang gurih manis sedikit pedas. Paduan yang pas!
Konon, ketan bintul sudah populer di Banten sejak abad ke-15. Sultan Maulana Hasanuddinpun menyukai panganan ini dan sering memakannya saat berbuka puasa. Hingga kini, ketan bintul jadi salah satu menu berbuka puasa yang banyak dijual di Serang, dan dijual sekitar Rp. 2.000 perpotongnya.
Ketan bintul dibuat dengan cara mengukus beras ketan bersama santan kental dan sedikit garam. Setelah matang, ketan kemudian dipindahkan ke dalam loyang atau wadah dan dipadatkan. Untuk membuat serundeng, kelapa parut disangrai bersama parutan lengkuas irisan bawang merah, bawang putih, dan gula merah, serta daun salam.

Seperti yang di tuturkan ria warga kota serang, kalau berbuka pausa tanpa ketan bintul itu rasanya ada yang kurang,

Dirinya menambahkan rasa ketan bintul yang legfit serta gurih membuat orang yang makan akan ketagihan, untuk harga ketan bintul tidak terlalu mahal, namun setiap tahunnya selalu berbeda beda harganya. (mamo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s