Penyederhanaan Nominal Mata Uang Rupiah Masih Belum Jelas

Gambar Harmony fm, Serang.-Rencana pemerintah dan Bank Indonesia untuk memberlakukan penyederhanaan nominal rupiah tanpa mengubah nilai tukarnya masih belum jelas, pasalnya belum ada rancangan undang-undang terkait penyederhanaan uang tersebut.

deputi bank indonesia cabang sertang Ilhanudin Wahab mengatakan bahwa Rencananya mata uang rupiah akan disederhanakan dengan membuang tiga nol atau ribuan di belakang nilai mata uang sekarang, seperti uang 1.000.000 akan menjadi 1000, nanti akan di berlakukan dua harga, Ada uang lama dan uang baru, Yang penting pengertian dari pemakai bahwa uang yang ada itu sama nilainya, setelah itu uang lama akan di tarik. kata ilhan saat di temui di ruangannya kamis (19/9/13) kemarin.

ilhan juga mengatakan,” untuk saat ini belum ada sosialisasi masalah redenominasi ini, pasalnya belum keluarnya undang-undang dari pemerintah pusat, ilhan juga mengaku bahwa untuk  sosialisasi di perlukan waktu yang cukup panjang untuk memberikan pemahaman bahwa redenominasi hanya pengurangan angka nol atau digit tanpa ada pengurangan nilai” ujar nya

sementara manajer atau kepala unit komunikasi dan koordinasi kebijakan BI cabang serang Nuryazidi mengatakan bahwa “Dalam kehidupan sehari-hari pun sebenarnya secara sadar masyarakat sudah melakukan redenominasi atau penyederhanaan nominal mata uang dengan menghilangkan tiga nol. Itu terjadi di beberapa hotel dan restoran di jakarta yang menuliskan harga dengan menuliskan tiga angka nol terakhir kecil-kecil, bahkan ada yang sudah menghilangkan tiga nol terakhir,” tuturnya.

hal ini, kata Nuryazidi, menunjukkan bahwa masyarakat semakin perhatian terhadap nominal rupiah, dan berlakunya penyederhanaan ini belum di ketahui kapan akan di mulainya. (gnt)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: